Selasa, 23 September 2014

MPV Sejuta Umat Mitsubishi Dirancang Khusus buat Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah mengumumkan akan melahirkan low MPV pada 2017, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menampilkan konsep MPV masa depan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Adalah kendaraan konsep Active Runabout (AR) yang dipajang di IIMS 2014, yang pembukaannya berlangsung pada Kamis (18/9/2014). AR dipamerkan perdana pada ajang Tokyo Motor Show, November 2013 lalu. Model ini mengombinasikan ketangguhan SUV dan kenyamanan MPV.
Sosok mobil konsep macho ini terlihat sudah dipajang di booth Mitsubishi, di Hall A, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Warnanya hijau dengan lekukan bodi tajam khas model konsep. Gril depan tipis berpadu dengan headlamp sipit. Bemper tebal bagian bawahnya mirip dengan Delica.
MPV konsep hibrida ini berkapasitas enam penumpang. AR memakai mesin MIVEC 1.1L direct injection turbocharger, berpadu dengan motor listrik 10 kW, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 134 tk.




Jakarta, KompasOtomotif - Setelah sekian lama hanya menjadi penonton, Mitsubishi akhirnya memutuskan untuk ikut langsung bermain di segmen mobil multiguna bawah (Low MPV). Rencananya, MPV sejuta umat tersebut akan lahir di Indonesia pada 2017 mendatang.


Seperti diumumkan Osamu Masuko, Chairman and CEO of Mitsubishi Motor Corporation (MMC), peluncuran small MPV nantinya sekaligus menandai beroperasinya pabrik baru yang akan bergulir awal semester 2017. Kata kuncinya, pabrikan asal Jepang ini ingin memperkuat pemasaran di negara berkembang seperti Indonesia.

"LMPV tersebut benar-benar model baru yang spesifikasi dan desainnya sudah disesuaikan dengan karakter konsumen atau demografis Indonesia, maka itu diproduksi di sini. Model ini bukan Delica, ukurannya lebih kecil dari Delica," beber Masuko kepada wartawan di kantor pusat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Jakarta, Selasa (16/9/2014).
Dijelaskan lagi, pembangunan pabrik dan model terbaru ini adalah langkah krusial MMC dalam mewujudkan pertumbuhan di dunia. Pasar negara berkembang sudah semakin melesat, dan harus mendapat respon langsung dari Mitsubishi.

"Proyek ini merupakan hal terpenting kami untuk mewujudkan pertumbuhan MMC di dunia, khususnya Indonesia. Masih ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kami memberikan keputusan akhir, namun kami yakin bisa menyelesaikannya," lanjut Masuko.

Kapasitas mesin 1.500cc?
Tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai detail lebih LMPV yang disiapkan MMC untuk pasar nasional tersebut. Bocoran dari sumber internal KTB, mobil multiguna bawah itu akan menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter.

"Belum ada informasi lebih, mesinnya kemungkinan 1.500 cc. Detail lain belum diketahui," bisik sumber tersebut. Duljatmono, Operating General Manager MMC Marketing Division PT KTB mengatakan, semua informasi mengenai LMPV Mitsubishi ini sifatnya masih sangat rahasia. Jadi belum ada info yang bisa diberikan soal detail, spesifikasi apalagi harga jual.
"Saya juga belum tahu, ini top secret di jajaran prinsipal. Mengenai platform, mesin atau sistem penggerak, belum diketahui. Kemungkinan dekat-dekat peluncuran baru bisa disampaikan," jelas Duljatmono saat coba dikonfirmasi KompasOtomotif.

Bila memang benar menggunakan mesin 1,5 liter, LMPV Mitsubishi ini akan berhadapan langsung dengan para pemain mapan. Segmen tersebut memang masih yang terbesar di Indonesia, ditempati oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Sabtu, 20 September 2014

Ini Dia Mitsubishi Delica, Pesaing NAV1, Serena, Biante

Jakarta -Mitsubishi membuktikan janji mereka untuk menyerbu pasar Indonesia dengan mobil-mobil MPV. Setelah mengumumkan pembangunan pabrik small MPV, Mitsubishi memamerkan Delica, MPV berukuran medium yang bakal menjadi pesaing dari Toyota NAV1, Nissan Serena dan Mazda Biante.

Kesempatan berharga ini datang setelah bos nomor satu Mitsubishi Motors, Osamu Masuko, menyempatkan diri untuk mengunjungi Jakarta.
"Karena Mr Osamu Masuko tidak bisa ikut hadi di IIMS 2014, hari ini menjadi kesempatan rekan media semua untuk menyaksikan Delica secara langsung," kata PR Departement Head PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, Intan Vidiasari, di markas Mitsubishi Pulo Mas Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Tampilan kokoh Mitsubishi Delica jelas terpancar dari segala sudut. Terutama pada tampilan krome pada bagian depan.
Di Jepang sendiri, Mitsubishi sudah melakukan perubahan minor untuk minivan ini. Seperti melakukan perombakan pada mesin untuk Delica tipe D Power Package dan D Premium.
Perbaikan mesin ini dilakukan Mitsubishi untuk memperbaiki performa mobil saat berakselerasi dan agar mobil lebih responsif.
Selain mesin, interior juga mengalami perombakan. Warna konsol tengah mobil diubah dengan warna Piano Black untuk memberikan kesan lebih mewah.
Fitur electric tailgate menjadi fitur standar untuk Delica G Premium dan D Premium. Di Jepang Delica mulai dijual seharga 2.397.600 yen sampai 4.046.760 yen.
Terus bagaimana dengan Delica di Indonesia?  silahkan datangi pameran otomotif terbesar di IIMS.


M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 16/09/2014 18:29 WIB

Teknologi Injeksi Truk Fuso Turunan dari Daimler

Tokyo -Truk-truk Mitsubishi Fuso mengandalkan teknologi penghemat bahan bakar unitized injection pump pada truk-truk barunya. Fuso meyakini model itu akan disukai para pebisnis di Indonesia.

Untuk diketahui teknologi unitized injection pump itu sudah tersemat pada truk-truk Daimler sejak beberapa tahun silam dan terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar.
"Daimler yang menemukan unitized injection pump. Teknologi itu untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Unitized injection pump lebih maju dari sistem injeksi lain," kata Head of Communication Daimler Trucks Asia, Florian Laudan kepada wartawan Indonesia termasuk detikOto di Kitsuregawa Proving Ground di Washijuku, Sakura-Shi, Tochigi, Jepang.
"Unitized injection pump pada truk Fuso sudah digunakan pada truk Mercedes-Benz sejak beberapa tahun lalu," lanjutnya.
Kolaborasi Daimler-Fuso dimulai sejak 2002 saat akuisisi Fuso oleh Daimler. Saat ini Daimler memiliki 89,19 persen saham Fuso. Untuk penjualan truk ringan dan berat di Indonesia, Fuso menunjuk PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Dengan hadirnya teknologi baru truk Fuso, PT KTB akan mengekspansi pasar kendaraan niaga di Indonesia. Sudah ada 2 truk baru yang bakal masuk Indonesia yakni Fuso FJ 2523R dan Fuso FI 1217.
PR Departement Head PT KTB , Intan Vidiasari mengatakan Fuso FJ 2523R lebih dulu mengaspal dengan harga cukup kompetitif.
"Ada 11 model yang masuk, 6 di antaranya sudah ada di Indonesia. Dan yang terbaru Fuso FJ 2523R dan Fuso FI 1217, tapi model Fuso FJ 2523R yang duluan meluncur di Indonesia," tutup Intan.

Muhammad Ikhsan - detikOto
Senin, 01/09/2014 11:02 WIB

Mitsubishi Kenalkan Truk Fuso FJ 2523 di Bandung


Bandung -PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkenalkan model terbaru Fuso di Bandung. 
Di Bandung truk ini dibanderol dengan harga off the road 584 juta.

Peluncuran disaksikan langsung oleh President Director PT KTB Noboru Tsuji, Executive Marketing Firector Rizwan Alamsjah, Operating Director Daisuke Okamoto dan Presiden Komisaris PT Suryaputra Sarana Teten Herawati.

New Fuso diharapkan mampu memenuhi kebutuhan truk medium wilayah Bandung dan Jawa Barat sekitarnya.

"Dengan super dimensi yang dimilikinya, varian terbaru kami juga memiliki super kapasitas, super efisien dalam pengiriman, super tenaganya didalam berbagai angkutan, serta super tangguh menaklukan jalan. Dengan tambahan 4 keunggulan ini, kami berharap varian terbaru kami dapat memperkuat bisnis pelanggan kami," ucap Presdir PT KTB, Noboru Tsuji, di Bandung, Selasa (9/9/2014).

Untuk wilayah Bandung, New Fuso saat ini sudah bisa dipesan melalui, PT Suryaputra Sarana di Jl. Jend. Sudirman No 776-778 Bandung, (cp Sales Executive : Sani Aliansyah 085222203330)

Truk Fuso FJ 2523 disiapkan Mitsubishi untuk memenuhi kebutuhan angkutan dengan kapasitas angkut lebih banyak dan efisien, melengkapi varian FUSO yang sudah ada.
Mitsubishi menyebutkan varian ini memiliki kekuatan mesin yang besar 230 PS, kapasitas angkut lebih besar, torsi terbesar di kelasnya 83 kg.m pada putaran rendah dan putaran tinggi, biaya perawatan efisien, nyaman dikendarai untuk berbagai medan dan jarak jauh.

New FUSO FJ2523 merupakan varian terpanjang di kelasnya, memiliki panjang chassis cab to end 9,407 m dan total keseluruhan adalah 11,967m sehingga dapat menampung kapasitas muatan besar hingga 56.4 m3.

Pada awal kehadirannya, New FUSO FJ2523 (6x2) ini akan diimpor langsung dari MFTBC berbasis produksi dan perakitan di India yang merupakan pasar global MFTBC untuk wilayah Asia.

Mitsubishi FUSO dari bulan Mei-Juni 2014 meningkat hingga 30%. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan pasar sangat besar untuk truk dengan kapasitas lebih besar. 


Bagi pebisnis yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut menganai varian terbaru ini, dapat mengunjungi diler Mitsubishi terdekat yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, New FUSO FJ2523 juga akan dipamerkan pada ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) pada tanggal 18-28 September 2014 mendatang.


berita ini diambil dari News Online detikOto

Selasa, 09/09/2014 12:39 WIB